Written by Super User on . Hits: 184

Dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Pengadilan Agama Ujung Tanjung Dan Pengadilan Negeri Rokan Hilir Melaksanakan Upacara Bersama Pengibaran Bendera Pada Pengadilan Negeri Rokan Hilir

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang (kōki) (17 Agustus Shōwa 20 dalam penanggalan Jepang itu sendiri), yang dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Mohammad Hatta di sebuah rumah di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat. Perjuangan yang sudah lama diperjuangkan oleh pemuda, cendekiawan, agamawan jauh sebelum kemerdekaan melalui bambu runcing, diplomasi, dan darah, akhirnya menghasilkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemudian untuk memperingati jasa para pahlawan yang gugur dan yang berjuang pada aspek lain, maka tiap tahun dilaksanakan peringatan 17 agustus. Bahkan kalau kita mengacu ke peraturan, Undang-undang nomor 9 tahun 2010 tentang keprotokolan pasal 16, dikatakan bahwa upacara bendera salah satunya dilaksanakan pada hari kemerdekaan republik Indonesia. Artinya jika kita membicarakan keprotokolan, maka lembaga-lembaga yang berhubungan dengan negara diwajibkan untuk memperingati hari kemerdekaan melalui upacara bendera tiap tahunnya. Salah satu lembaga tersebut, Pengadilan Agama Ujung Tanjung.

Adapun agenda upacara pengibaran bendera dalam rangka peringatan proklamasi kemerdekaan republik Indonesia dipimpin sebagai Pembina Upacara oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Rokan Hilir Bapak Fathu Rochman, S.H., M.H., Ajudan Upacara PPNPN Pengadilan Negeri Rokan Hilir Fahrijal,  Komandan Upacara Analis Perkara Peradilan Pengadilan Negeri Rokan Hilir Ferio Wabarta Hutabarat, S.H, Pembawa Acara Analis Perkara Peradilan Pengadilan Negeri Rokan Hilir Henny Arianti Simanjutak, S.H, Pembaca Naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Juru Sita Pengganti Pengadilan Agama Ujung Tanjung Syafruddin dan Pembaca Doa Analis Perkara Peradilan Pengadilan Agama Ujung Tanjung Anton Ahmad Sogiri, S.H. Agenda ini  diikuti oleh Seluruh Hakim Pengadilan Negeri Rokan Hilir dan Pengadilan Agama Ujung Tanjung diikuti Sekertaris PN, Panitera PN, Panitera PA serta para pegawai, mulai dari pejabat struktural, pejabat fungsional, staf-staf pengadilan, dan mahasiswa-mahasiswa magang pada dua pengadilan yang mengikuti upacara ini.

 Peringatan Hari Proklammasi Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan pukul 08.00 W.I.B pada halaman depan Pengadilan Negeri Rokan Hilir. Rangkaian kegiatan upacara peringatan hari proklamasi kemerdekaan republik Indonesia ini diawali dengan masuknya semua peserta upacara, kemudian komandan upacara memasuki lapangan upacara dan mengambil alih pasukan, ketiga Pembacaan Naskah Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, keempat mengheningkan cipta, kelima Pasukan pengibar bendera memasuki lapangan upacara untuk pengibaran bendera dan diakhiri dengan pembacaan doa. Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan republic Indonesia merupakan cerminan dari nilai ASN BerAKHLAK, Loyal , sebagai sarana membangun disiplin dan pengingat bagi pegawai dan pimpinan agar menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi, dan negara melalui ikut dalam memperingati hari proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ujung Tanjung

Jl. Lintas Riau - Sumut KM. 167, Banjar XII, Ujung Tanjung 

Telp: 0811 7065 144

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Pengadilan Agama Ujung Tanjung 2020