Written by Super User on . Hits: 194

Penerapan Nilai Asn Berakhlak Akuntabel, Aparatur Dan Siswa Magang Melaksanakan Jumat Bersih Pada Kantor Pengadilan Agama Ujung Tanjung

                Dalam ajaran Islam secara umum disampaikan bahwa “Kebersihan itu sebagian dari Iman” dan secara khusus dalam hadits disampaikan “Dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR. Tirmidzi). Dalam konteks hadits diatas, kebersihan merupakan bagian penting dari Islam, baik itu kebersihan yang terlihat kasat mata dan tidak terlihat, serta baik itu kebersihan kasat mata bagi individu dan lingkungan tempat kita berkegiatan. Lingkungan tempat kita berkegiatan banyak tempatnya, salah satunya tempat kita kerja atau bagi pegawai negeri merupakan satuan kerja tempat ia bekerja. Kemudian salah satu satuan kerja yang menjaga kebersihan ialah Mahkamah Agung.

                Berdasarkan Himbauan Mahkamah Agung Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 809/DjA/HM.01/03/2020 perihal Himbauan Pelaksanaan Budaya Jumat Bersih dan Jumat Sehat dikatakan bahwa pada minggu ke III tiap bulan pada hari kerja, seluruh pegawai dari mulai unsur pimpinan sampai pegawai biasa agar menjaga kebersihan lingkungan kantor melalui kerja bakti. Lalu salh satu satuan kerja bawahan Mahkamah Agung, yakni Pengadilan Agama Ujung Tanjung, pada hari Jumat, tanggal 22 September 2023 melaksanakan kerja bakti sesuai himbauan tersebut. Adapun fokus dalam kerja bakti ini membersihkan halaman dan jalan masuk ke kantor. Selain Pegawai Pengadilan, kegiatan kali ini dipimpin oleh Sekertaris Bapak Muhammad Nawawi, S.Ag juga diikuti oleh Siswa-Siswa dan Siswi-Siswi Magang. Kegiatan ini merupakan cerminan dari nilai ASN BerAKHLAK, Akuntabel, hendak menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggungjawab dengan selalu memperhatikan kebersihan dan Koloboratif, kerjasama antara pegawai dan siswa serta siswi magang untuk mencapai nilai baik yakni kebersihan satuan kerja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ujung Tanjung

Jl. Lintas Riau - Sumut KM. 167, Banjar XII, Ujung Tanjung 

Telp: 0811 7065 144

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Pengadilan Agama Ujung Tanjung 2020